Tajuk  

Telan Dana Puluhan Miliar, Gedung Expo Buton Tak Kelar-kelar, Salah Siapa?

TERAWANGNEWS.com, Buton – Meskipun sudah menghabiskan dana puluhan miliar, namun sampai saat ini pembangunan Gedung Expo yang terletak di Kompleks Perkantoran Takawa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) tak kunjung selesai.

Awalnya proyek tersebut dikerjakan pada tahun 2017 melalui APBD Sultra sebesar Rp7,7 miliar, kemudian dilanjutkan kembali pembangunannya di tahun 2018 dengan menggunakan APBD Buton sebesar Rp3,5 miliar, lalu dianggarkan lagi di tahun 2019 melalui ABPD Buton sebesar Rp4,8 miliar, dan tahun 2022 lalu dianggarkan kembali masih menggunakan APBD Buton sebesar Rp9 miliar lebih.

Namun, dengan anggaran yang begitu besar, pembangunan Gedung Expo tersebut pun belum selesai dikerjakan. Ada apa dan salah siapa sebenarnya? Semegah apakah gedung itu? Wallahuallam…

Mungkinkah proyek pembangunan Gedung Expo tersebut hanya dijadikan ajang oleh oknum-oknum tertentu untuk “mencuri/merampok uang rakyat” dengan dalih pembangunan. Karena, jika dilihat secara kasat mata, mestinya dengan anggaran yang begitu besar, proyek itu sudah harus tuntas dikerjakan dan bisa dimanfaatkan.

Entah sampai kapan gedung itu bisa selesai? sepertinya tak ada satu pun yang bisa memastikan itu. Karena, pada APBD Induk Kabupaten Buton tahun 2023 ini pun pekerjaan tersebut ternyata tak dilanjutkan lagi dengan alasan kemampuan keuangan daerah.

Kasian uang rakyat, seakan terbuang percuma dengan adanya proyek yang tak kunjung selesai itu.

Mungkinkah alasan belum selesainya pembangunan Gedung Expo itu karena dikorupsi? Bagaimana tidak, aneh saja dengan anggaran yang begitu besar, tapi pekerjaannya tidak kelar-kelar.

Kini, terhadap proyek tersebut, Polda Sultra tengah melakukan penyelidikan, sebanyak 13 orang saksi pun sudah diperiksa. Terkahir, ahli pun telah melakukan pemeriksaan fisik.

Semoga, aparat penegak hukum bisa segera mengungkap fakta dibalik kemelut pembangunan Gedung Expo tersebut (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *