Bonus Atlet Belum Cair, Ini Pengakuan Ketua Cabor Ambil Pemain dari Luar Buton, Pj Bupati Bilang Begini

TERAWANGNEWS.com, Buton – Bonus untuk sejumlah atlet berprestasi perwakilan Kabupaten Buton pada Porprov ke – XIV Sultra hingga kini belum bisa dicairkan. Hal itu lantaran mereka belum memenuhi syarat pencairan bonus.

Dimana, syarat untuk pencairan bonus tersebut mereka harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Buton sesuai Instruksi Bupati Buton Nomor 1 tahun 2022 tentang Keikutsertaan Cabang Olahraga Kabupaten Buton pada Pelaksanaan Porprov Sultra ke-XIV tahun 2022, poin ketiga bahwa, atlet berprestasi pada ajang Porprov ke-XIV tidak diberikan bonus jika yang bersangkutan tidak dapat menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan atau Kartu Keluarga dan atau Bukti Surat Keputusan Tugas Kedinasan di Wilayah Kabupaten Buton.

Kini, para atlet dari 6 cabang olahraga itu dikabarkan tengah diuruskan perpindahan penduduknya agar terdaftar sebagai warga Kabupaten Buton.

Terkait itu, salah satu Ketua Cabor Muay thai Kabupaten Buton, La Ode Safruddin membenarkan bahwa dirinya mengambil atlet dari luar Kabupaten Buton. Hal itu dikarenakan, belum adanya sarana prasarana cabor Muay thai di Kabupaten Buton.

“Semua dari Luar Buton Krn Muaythai kan TDK ada sarananya di Buton jadi Sy ambil dari Luar Krn demi untuk merangsang dan memperkenalkan Olahraga Muaythai di Kabupaten Buton Krn kebetulan Kita menjadi Tuan Rumah,” tulis Safruddin melalui pesan WhatsApp, Selasa (7/3/2023) pagi sekira pukul 06.55 WITA.

Safruddin mengaku tahu mengenai Instruksi Bupati Buton tersebut, hanya saja setelah ia konsultasi ke KONI maka diizinkan untuk menggunakan atlet dari luar Buton dengan syarat menyertakan surat domisili.

“Sebelumnya memang sudah ada pemberitahuan tentang instruksi Bupati tp kami coba Konsul ke KONi Buton Bisa menyertakan Surat Domisili adalah (asal-red) jangan diluar dari Sultra,” ukunya.

“Krn yg kami Pahami Perprov adalah Ajang Olah Raga untuk menuju pra-PON dan untuk mengasa kemampuan Putra Putri Sultra di Ajang Perprov. Dan juga kan Kita Selalu Tuan Rumah ingin mempersembahkan juga Medali di Ajang tersebut. Namun ya apa mau dikata Atlit yg mengharumkan nama Buton TDK bisa di berikan Bonus Krn terkendala di KTP,” sambungnya.

Untuk itu, saat ini ia tengah mengurus perpindahan atletnya agar bisa mendapatkan bonus dari Pemkab Buton.

“Iya Sy harus lakukan itu Krn kasian Para atlet yg sudah berjuang Berdarah darah demi mengharumkan Nama Buton di ajang Perprov,” ujarnya.

Adapun jumlah keseluruhan atlet Muay thai Kabupaten Buton yang diterjunkan dalam laga Porprov lalu tambah Safruddin yaitu sebanyak 6 orang, dengan perolehan medali 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Menanggapi bonus atlet tersebut, Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si menegaskan bahwa, akan tetap mencairkan bonus atlet jika mereka sudah memiliki KTP Buton.

“Tdk masalah yg penting mereka bersedia menjadi warga Buton sehingga bisa menjadi Pembina Atlit di Buton,” katanya melalui WhatsApp, Selasa (7/3/2023) pagi sekira pukul 07.39 WITA.

“Memang begitu syarat Admnintrasinya boleh dapat bonus jika KTP Buton, Syarat Administrasi hrs ber KTP buton,”
sambung Pj Bupati.

Basiran pun tak mempermasalahkan para atlet tersebut jika baru mau mengurus KTP Buton.

“Tdk masalah krn mereka akan menjadi warga Buton,” tegasnya.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *