Tajuk  

Misteri Lelang Proyek Pembuatan Armada Katinting di Buton, Tender Selesai Tanpa Pemenang

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Perusahaan pemenang Tender proyek Pembuatan Armada Katinting pada Satuan Kerja (Satker) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bersumber dari APBD Kabupaten Buton tahun 2023 hingga kini masih misteri.

Bagaimana tidak, hingga hari ini, Kamis (3/8/2023) pukul 16.39 WITA, tender proyek tersebut belum diketahui siapa yang menangkan. Padahal dari situs resmi lpse.butonkab.go.id, tender sudah dinyatakan selesai.

Dalam situs tersebut terdapat 20 peserta yang mengikuti tender. Namun, hanya 6 perusahaan yang mengajukan penawaran.

Dari 6 perusahaan tersebut, terdapat 1 perusahaan dengan harga penawaran terendah yaitu CV. Wahana Rezky Barakati sebesar Rp2.254.081.440,00 dari pagu anggaran Rp2.550.000.000,00.

Namun, sayangnya paket dengan kode tender 4260451 itu, saat dibuka di kolom hasil evaluasi tidak muncul perusahaan mana saja yang ikut dalam hasil evaluasi tersebut, begitu juga pada kolom pemenang dan pemenang berkontrak.

Padahal, berdasarkan tahapan tender tersebut, poin 12 penandatangan kontrak yang dimulai 24 Juli-27 Juli 2023, artinya tender sudah selesai, namun aneh hingga saat ini tak diketahui siapa pemenang proyek dengan pagu anggaran 2,5 miliar lebih tersebut.

Tentu, kalau berdasarkan pada situs tersebut, patut diduga ada indikasi “main mata” untuk memenangkan perusahaan “titipan”. Kenapa? Karena jika tak ada indikasi itu maka harusnya oleh pihak ULP  harus menayangkan perusahaan pemenang proyek pemerintah tersebut.

Untuk itu, demi asas keterbukaan informasi publik, diharapkan khususnya kepada pihak ULP untuk transparan lagi dalam melakukan lelang proyek. Sebab, bisa menjadi titik masuk Aparat Penegak Hukum (APH) untuk melakukan penyelidikan terhadap dugaan potensi KKN di tubuh ULP. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *