Kapolres Buton Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Anoa 2024

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen, S.H.,S.I.K.,MI.Kom memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Anoa 2024 di Lapangan Apel Mapolres Buton, Sabtu (2/3/2024).

Apel tersebut diikuti oleh para PJU, Kapolsek Jajaran, Anggota Polres Buton, Koramil 1413/02 Pasarwajo, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Mahasiswa UMB dan para siswa-siswi tingkat SMA, SMP dan SD se-Kecamatan Pasarwajo.

Dalam amanat Kapolda Sultra yang dibacakan oleh Kapolres Buton, menyampaikan bahwa lalu lintas dan angkutan jalan adalah elemen vital dalam menunjang kegiatan perekonomian dan pembangunan.

Untuk itu, peningkatan aktifitas berlalu lintas adalah salah satu indikator berkembangnya kegiatan perekonomian suatu daerah.

Hal ini juga menimbulkan permasalahan dimana peningkatan jumlah kendaraan tidak diimbangi dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas prasarana jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas.

“Operasi lalu lintas kali ini, akan kita laksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 4 sampai dengan 17 maret 2024,” kata Kapolres.

Dalam operasi keselamatan kali ini, yang dikedepankan adalah pola tindakan preventif, edukatif dan persuasif secara humanis kepada masyarakat, serta turut di dukung upaya gakkum lantas dengan sasaran pelanggaran kasat mata, seperti pengendara yang tidak menggunakan helm SNI maupun safety belt, pengendara melawan arus dan pengendara yang menyebabkan kemacetan maupun potensi gangguan lalu lintas.

Lebih dari itu, kegiatan operasi kali ini juga dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi menjelang hari raya Idul Fitri 1444 hijriyah tahun 2024 yang jatuh pada April mendatang.

”Mari kita awali kegiatan dengan doa, utamakan keselamatan pribadi dan sesama rekan saat bertugas dan seluruh personel yang terlibat operasi agar melaksanakan tugas sesuai SOP dan rencana operasi yang telah ditentukan,” pinta Kapolres.

Kapolres juga mengingatkan, para petugas di lapangan tidak arogan, kedepankan tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat dan jangan melakukan tindakan pungli maupun pemerasan sekecil apapun kepada masyarakat serta sikap kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri dimata masyarakat.

“Bangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan berbagai stakeholder terkait. Apabila terdapat permasalahan segera laporkan kepada pimpinan secara berjenjang,” tutup orang nomor satu di Polres Buton itu.

Editor: La Ode Ali

Sumber: Humas Polres Buton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *