Ekobis  

Arang Kayu Subang Tembus ke Arab Saudi

Arang Kayu

Terawangnews.com, SUBANG – Tunggul atau tonggak kayu bekas perkebunan jati dan mahoni di Bukit Nyomot, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat akan dimanfaatkan menjadi bahan aku arang.

Diketahui, petani arang di Kabupaten Subang telah mengekspor arang ke Arab Saudi.

“Potensinya cukup lumayan bagus, arang kita ini sudah di ekspor ke Arab Saudi. Bahkan ekspor arang itu, sudah yang kedua kalinya,” kata Bupati Subang Ruhimat, kepada wartawan di Subang Rabu (4/11/2020) dikutip dari rri.co.id.

Untuk membantu petani di daerah itu, Pemkab Subang segera menggelontorkan dana subsidi, untuk tungku pembuatan arang kepada para petani penggarap lahan di Bukit Nyomot.

“Sayangkan tonggak-tonggak itu jika dibiarkan begitu saja, alangkah baiknya kita manfaatkan untuk dijadikan arang. Insya Allah nanti, untuk membuat tungkunya kita subsudi,” imbuh Ruhimat

Potensi arang tersebut kata Ruhimat, cukup menggairahkan, terutama kepada salah satu UMKM yang memperoduksi arang, dan hari ini juga UMKM yang bersangkutan, sudah melakukan ekspor kali kedua ke Arab Saudi.

Ruhimat mengatakan, tonggak-tonggak bekas pohon jati, dan mahoni ketika di produksi menjadi arang, ada dua keuntungan bagi para petani penggarap lahan di Bukit Nyomot.

Selain lahan garapan yang gembur, dan subur karena nanyinya akan digunakan untuk klaster ketahanan pangan. Juga para petani akan mendapatkan uang dari arang, yang terbuat dari tonggak-tonggak, yang sebelumnya tidak bermanfaat.

“Mudah-mudahan saja, upaya ini, membuat para petani bahagia, karena di tengah pandemi covid saat ini, mereka bisa mendapatkan uang dari hasil arang nanti,” jelas Ruhimat.

Saat disinggung tentang besaran dana subsidi untuk tungku tersebut. Ruhimat menyatakan, mengenai besaran dan jumlahnya masih dihitung, berapa untuk membuat sebuah tungku per-unitnya, dan berapa banyak tungku yang dibutuhkan.

“Kami masih belum memastikan berapa besaran subsidi tersebut, tetapi yang pastinya segera kuta gelontorkan,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul “Arang Kayu Jati Subang Terbang ke Arab”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *