Pilkada Buton, Berikan Suara Anda pada Orang yang Tepat

0
281

Oleh: La Ode Ali (Pemimpin Redaksi Terawangnews.com)

Wacana mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton, kini mulai ramai diperbincangkan. Walau belum memiliki kepastian hukum, bahwa Pilkada akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Namun, sejumlah figur sudah mulai menyatakan sikap akan maju pada pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali itu.

Sesuai ketentuan, La Bakry yang saat ini menjabat sebagai Bupati Buton akan berakhir pada tahun depan, tepatnya tahun 2022.

Tentu, setiap masyarakat nantinya mengharapkan, figur yang dipilih atau dicoblos pada hari pemungutan suara bisa lolos menjadi Bupati pada periode berikutnya.

Lalu, bagaimana caranya kita menentukan pilihan yang tepat saat hari H pencoblosan tiba?

Idealnya, ketika Anda akan menentukan pilihan, tentu Anda sudah harus tahu dan paham mengenai visi misi dan program kerja, serta rekam jejak dari sang kandidat.

Menurut penulis, ketika Anda menentukan pilihan pada calon tanpa mengetahui informasi dari calon itu sendiri, hasilnya akan beresiko. Karena sudah pasti, apa yang Anda pilih nantinya tidak sesuai dengan keinginan ataupun harapan Anda sebagai pemilih. Olehnya itu, kecerdasan pemilih dituntut untuk mampu menilai rekam jejak ataupun riwayat hidung sang calon.

Menurut Penulis, mungkin sebahagian masyarakat, akan susah mendapatkan informasi mengenai rekam jejak atau riwayat hidup dari sang kandidat. Dan bahkan mungkin ada sebahagian lainnya yang acuh sama sekali. Itu hak Anda.

Namun, bagi Anda yang sulit mengakses ataupun mendapatkan informasi secara langsung dari sang kandidat mengenai rekam jejak dan lainnya. Penulis sarankan agar bertanya pada tim suksesnya, partai yang mengusungnya ataupun pada masyarakat atau tokoh lainnya yang tahu dan memiliki kedekatan dengan sang kandidat. Sehingga nantinya Anda bisa memilih orang yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here