Buton Kembali Raih WTP, 8 Kali Berturut-turut, Ketua DPRD: Apresiasi dan Tetap Komitmen Dukung Pemerintah

TERAWANGNEWS.com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk kedelapan kalinya tahun ini secara berturut-turut.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Buton, Drs. La Bakry di Kendari pada Rabu (2/6/2021) kemarin dari Ketua BPK Perwakilan Sultra, Andi Sonny, SH, MH.

Capaian WTP ini merupakan hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Buton Tahun Anggaran 2020.

Pada kesempatan itu La Bakry menyampaikan terimakasih kepada Badan Perwakilan BPK Sultra yang telah memberikan opini WTP.

Menurutnya, penilaian tersebut tentu bukanlah hal yang mudah dicapai dan dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan. Pencapaian ini tentunya menjadi tanggung jawab dari Pemkab Buton untuk terus mempertahankan bahkan lebih meningkatkan lagi tata kelola keuangan daerah.

“Terima kasih kepada BPK perwakilan Sultra dimana prestasi ini tentunya adalah berkat arahan dan bimbingan dari BPK,” ucapnya.

Tak hanya itu, Ketua DPD II Golkar Buton ini juga tak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder yang telah bekerja maksimal sehingga Buton kembali merah predikat WTP.

“Saya juga selaku Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD dan stakholder yang telah bekerja maksimal. Selama ini semua perangkat kerja daerah, baik eksekutif maupun legislatif telah bekerja sesuai koridor dan aturan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Ketua Bapera Sultra ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Buton, Hariasi Salad, SH juga sangat mengapresiasi capaian yang telah diperoleh Pemkab Buton saat ini.

“Yang pasti saya selaku Ketua DPRD Kabupaten Buton memberikan apresiasi setinggi-tinggi kepada Pemkab Buton atas capaian yang diperoleh saat ini,” pujinya.

Selaku Ketua DPRD Buton lanjut Politisi Golkar ini, pihaknya tetap berkomitmen mendukung apapun yang menjadi program dan kebijakan yang dilakukan Pemkab Buton, tentu yang bermuara kepada kepentingan masyarakat dan daerah.

“Kita tetap komitmen mendukung apapun yang dilakukan Pemda, termasuk mengawal kebijakan yang diambil, yang tentunya bermuara pada kepentingan masyarakat dan daerah,” tegasnya.

Untuk diketahui, sebelum acara penyerahan LHP tersebut, Bupati Buton bersama Kepala BPK perwakilan Sultra juga telah menandatangani MoU percepatan penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Negara/Daerah melalui mekanisme “Pandai Putuskan” yakni Pantau Tindak Lanjuti Pulihkan Putus Kerugian.

Mekanisme ini adalah merupakan inovasi yang dibuat oleh Kepala perwakilan BPK dalam mempercepat penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Negara/Daerah.

Penerimaan penghargaan tersebut turut dihadiri antara lain, Ketua DPRD Kabupaten Buton Hariasi Salad, SH, Sekda Kabupaten Buton, Ir. La Ode Zilfar Djafar, Kepala BPKAD, Sunardin Dani, Inspektur, Drs. Gabdid B Sionio beserta beberapa Kepala OPD (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *