Hukrim  

Bupati Ini Kena OTT KPK, Punya Harta Rp4,7 M

TERAWANGNEWS.com, Jakarta – Bupati Meranti, Muhammad Adil kena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia pernah bilang Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berisi iblis karena dana bagi hasil (DBH) minyak di tempatnya dianggap tidak sesuai.

Menilik kekayaannya, Jumat (7/4/2023), Muhammad Adil memiliki harta Rp 4 miliar lebih. Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 29 Maret 2022 untuk periode 2021, harta kekayaan itu tepatnya mencapai Rp4.785.577.310.

Jika dirinci, harta kekayaan Muhammad Adil terdiri dari 73 jenis tanah dan bangunan yang diklaim hasil sendiri berada di sejumlah wilayah Kepulauan Meranti dan sejumlah wilayah lain di Provinsi Riau. Total harga tanah dan bangunannya Rp 4.317.400.000.

Muhammad Adil juga memiliki 5 alat transportasi dan mesin berupa motor dengan nilai Rp 174.000.000, lalu harta kas dan setara kas sebanyak Rp 244.177.310. Bupati Meranti itu tercatat tidak memiliki utang.

Muhammad Adil ditangkap bersama puluhan pejabat Pemkab Meranti lainnya. KPK turut mengamankan barang bukti berupa uang tunai yang jumlahnya sementara masih dihitung.

“Untuk bukti uang sementara kami pastikan tim juga mengamankannya. Jumlahnya masih terus dihitung dan dikonfirmasi kepada beberapa pihak yang diamankan,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dimintai konfirmasi.

Para pihak yang diamankan KPK saat ini berstatus terperiksa. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum Bupati Meranti Muhammad Adi dkk.

Editor: La Ode Ali

Sumber: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *