Aksi Kemanusiaan Polsek Sampuabalo, Salurkan Air Bersih Untuk Warga Desa Bahari Makmur Buton

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Polsek Sampuabalo Polres Buton menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di Desa Bahari Makmur, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Aksi kemanusiaan itu dipimpin langsung Kapolsek Sampuabalo, IPTU Al Muhalid, S.H didampingi Anggota Polsek Sampuabalo dan Bhabinkamtibmas Desa Bahari Makmur, Bripka Karim, Jum’at (6/10/2023) yang dimulai sekira pukul 16.00 WITA-20.30 WITA.

Kepada Terawangnews.com, IPTU Al Muhalid mengatakan, kegiatan aksi kemanusiaan tersebut berawal ketika Polsek Sampuabalo menggelar Jum’at curhat pada Jum’at (6/10/2023), dimana salah satu keluhan dari warga Desa Bahari Makmur adalah kekurangan air bersih.

“Kegiatan kemanusiaan Polsek Sampuabalo dengan menyuplaikan air bersih di Desa Bahari Makmur berawal dari  ketika Kapolsek Sampuabalo melaksanakan kegiatan Jumat Curhat pada hari Jumat tanggal 6 Oktober 2023 dimana salah satu keluhan dari warga yaitu adanya kekurangan air bersih di Desa Bahari Makmur,” kata Al Muhalid melalui rilis yang diterima media ini, Jum’at (6/10/2023) malam melalui WhatsApp.

Adapun penyaluran air bersih lanjut Al Muhalid, dilakukan dengan cara mendesain Mobil Patroli Polsek Sampuabalo dengan memasang dua unit Tandon ukuran 1200 liter dan 1000 liter.

“Dengan mendesain Mobil Patroli Polsek Sampuabalo dengan cara memasangkan dua buah tandon ukuran 1200 liter dan 1000 liter agar air yang dibawa masuk ke desa bisa memuat dengan banyak,” ujarnya.

Menurut mantan Kapolsek Wabula tersebut, masyarakat Desa Bahari Makmur dengan jumlah jiwa sebanyak 700 jiwa/218 kepala keluarga (KK), sudah kesulitan atau kekurangan air bersih sejak Januari 2023 lalu.

“Dan untuk mengantisipasi dan bisa memenuhi kebutuhan air bersih, masyarakat mengambil air di desa tetangga dengan menggunakan perahu dayun / sampan,” ungkap Muhalid.

“Setelah mendapat bantuan air bersih dari Polsek Sampuabalo masyarakat Desa Bahari Makmur sangat senang dan sangat berterimakasih banyak, karena merasa sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan tersebut serta masyarakat Desa Bahari Makmur sangat antusias dengan adanya kegiatan bantuan air bersih tersebut,” sambungnya.

Muhalid menambahkan, air bersih yang disuplai untuk masyarakat Desa Bahari Makmur tersebut diambil dari Desa Wolowa Baru (Wakantolalo), Kecamatan Wolowa setelah sebelumnya sudah berkoordinasi dengan warga setempat. Aksi kemanusiaan itu pun akan menjadi agenda rutin Polsek Sampuabalo.

“Karena dimata air Matanauwe kalau pengambilan dalam jumlah banyak airnya keruh sehingga berokordinasi dengan masyarakat Wakantolalo (Desa Wolowa Baru-red), Kecamatan Wolowa agar bisa membantu dan menyiapkan air untuk disalurkan ke desa Bahari Makmur Kecamatan Siotapina,” pungkasnya.

(al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *