Desa  

BUMDes Walompo Fokus Kembangkan Unit Usaha Bekerjasama dengan Agen BRILink

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Walompo, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) memfokuskan pada kegiatan pengembangan unit usaha seperti bekerjasama dengan Agen BRILink di Desa Bahari Makmur.

Ketua BUMDes Walompo, Inggi Maniu mengatakan, BUMDes Walompo sendiri sudah aktif sejak tahun 2017. Namun, baru aktif sekira tahun 2020 dan mendapatkan modal dari pemerintah desa setempat sekira Rp197 juta.

“Kalo BUMDesnya kita itu sampe sekarang masih jalan terus, kita fokus bekerjasama dengan Agen BRILink yang di Bajo (Desa Bahari Makmur-red),” katanya melalui telepon belum lama ini.

“BUMDesnya kita itu sudah ada sejak tahun 2017 dan mendapatkan modal itu tahun 2020 sebesar 170 jutaan. Dan pengurusnya yang lama juga sudah berganti,” sambung Inggi Maniu yang baru diangkat sebagai Ketua BUMDes Walompo pada akhir tahun 2019 lalu.

Sistem yang digunakan lanjut Inggi Maniu yaitu bagi hasil berdasarkan SOP yang telah disepakati. Dari situlah Pemdes Walompo juga bisa mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Presentase hasil berdasarkan SOP yang ada, dan laba itu diperoleh berdasarkan SOP tadi, modalnya tetap, PADnya juga disitu,” jelasnya.

Untuk PAD dari kerjasama tersebut tambah Inggi Maniu, tahun 2022 lalu yaitu sebesar Rp2 juta 5 ratus, kemudian di tahun 2023 sebesar Rp1 juta 5 ratus.

“Tahun 2022 itu sebesar 2 juta 5 ratus, dan 2023 1 juta 5 ratus karena di tahun 2023 itu banyak gangguan seperti jaringan dan lain-lainnya dan yang itu sudah saya setor langsung ke bendahara desa,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *