La Bakry Bakal Kembali Tarung di Pilkada Buton, Berikut Profil Lengkapnya, Pernah Dapat Penghargaan dari Dua Presiden

TERAWANGNEWS.com, BUTON – Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. La Bakry, M.Si bakal kembali tarung di Pilkada Buton pada 27 November 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Golkar Kabupaten Buton, Fadhly Iriansyah baru-baru ini. Hal itu juga berdasarkan hasil Musda dan Rakerda partai Golkar beberapa tahun lalu. Dimana, melalui Musda dan Rakerda tersebut, La Bakry diusung sebagai calon tunggal dari partai Golkar.

Sebelumnya, La Bakry pernah ikut bertarung di Pilkada Buton sebagai Wakil Bupati Buton mendampingi Samsu Umar Abdul Samiun. Alhasil, mereka lolos dan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Kini, partai berlambang pohon Beringin yang dinahkodai La Bakry itu kembali berhasil memperoleh suara dan kursi terbanyak pada Pileg 14 Februari 2024 lalu. Atas perolehan itu, partai Golkar akan kembali memegang palu di DPRD Buton untuk periode 2024-2029.

La Bakry juga pernah menjabat sebagai Bupati Buton tahun 2018-2022 menggantikan Samsu Umar Abdul Samiun. Selama menjabat, La Bakry dikenal sebagai sosok yang baik, dermawan, suka menolong, bijaksana, dan juga dikenal dekat dengan wartawan lokal.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut profil lengkap La Bakry:

La Bakry lahir di Buton tanggal 7 Mei 1966 dari pasangan Bapak La Roni dan Ibu Naiwui, Beliau menikahi Ibu Delya Montolalu dan dikaruniai 3 anak. Beliau gemar membaca serta aktif mengikuti berbagai macam organisasi.

Pendidikan dasar dijalaninya di Ambon (Kelas 1 dan 2 SD) kemudian di SDN 2 Pasarwajo (mulai Kelas 3 dan lulus tahun 1977). Beliau menamatkan Pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMAN 3 Ambon dan melanjutkan studi di Akademi Pemerintah Dalam Negeri (APDN) di Ambon.

Karir pertama beliau yang diembannya dari APDN adalah sebagai Pelaksana Harian Mantri Polisi Pamong Praja dan Kepala Urusan Pemerintahan di Kecamatan Kairatu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku.

Tahun 1991 beliau memperoleh kesempatan dari Pemda Provinsi Maluku untuk menyelesaikan Sarjananya di Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IIP) di Jakarta dengan Jurusan Perencanaan Pembangunan tahun 1994-1997.

Setelah menyelesaikan studi beliau ditempatkan di BAPPEDA Provinsi Maluku. Karena kinerja dan potensi yang dimilikinya beliau mendapatkan kesempatan kembali guna melanjutkani studi Strata-2 (S2) di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Jurusan Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan.

Pada tahun 2000 beliau diminta oleh almamaternya untuk menyumbangkan tenaga dan pikirannya sebagai dosen di IIP.

Selain menjadi dosen beliau juga menduduki strategis di antaranya menjadi Kepala Bidang Penerapan Ilmu Pemerintahan, Kepala Pusat Kajian Pembangunan Kependudukan pada Lembaga Kajian Strategis (IPDN), Sekretaris Jendral Forum Komunikasi Alumni Institut Pemerintahan Seluruh Indonesia dan wakil Sekretaris Jendral Pengurus Pusat Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia.

Sejumlah penghargaan telah diraihnya di antaranya: mendapat Piagam Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun dari Presiden Republik Indonesia. Megawati Soekarnoputri tahun 2001, Piagam Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya 20 tahun dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2006.

Selain itu juga beliau pernah menjadi dosen tamu pada sekolah Staf dan Komando TNI-Angkatan laut.

Beliau juga akif sebagai narasumber dalam kegiatan peningkatan kapasitas anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota seluruh Indonesia, serta menjadi Tim Independen Kaijan Pemekaran Daerah di antaranya Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Provinsi Perbatasan Papua Selatan, Kalimantan Utara dan Daerah daerah lain di Indonesia.

Pada masa Pemerintahan beliau, Kabupaten Buton pernah mendapatkan penghargaan 5 kali Wajar Tanpa Penggecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan juga berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Indonesia Awards tahun 2019 dengan kategori penyelenggara Festival Internasional Penunjang Pariwisata di Kabupaten Buton.

Karir Politik: Wakil Bupati Buton Periode 2012-2017, Wakil Bupati Buton Periode Kedua 2017-2018, Bupati Buton 2018 2022, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional 2016-2019. Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Buton tahun 2019-sekarang.

Editor: La Ode Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *