Seragam Sekolah Gratis, Cara Pemkab Bantu Ringankan Beban Orang Tua Siswa di Buton

TERAWANGNEWS.COM, Buton – Pemerintah Kabupaten Buton (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara seakan tidak pernah berhenti menyalurkan bantuan kepada masyarakatnya, mulai dari Bidang Pertanian, Nelayan, hingga Bidang Pendidikan.

Seperti yang dilakukan baru-baru ini, tepatnya tanggal 6 Februari 2021. Pemkab Buton kembali memberikan bantuan 14.444 pasang seragam sekolah gratis kepada siswa, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), SD, hingga SMP.

Penyerahan seragam sekolah gratis tersebut diberikan langsung oleh Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si secara simbolis di Lapangan Upacara SMP Negeri 10 Buton (SMP Negeri 1 Lasalimu Selatan).

Pada penyerahan secara simbolis itu, La Bakry tak turun sendiri, ia didampingi Wakilnya Iis Elianti, Asisten Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Buton, Alimani, S.Sos, MSi, Kadis Pendidikan Kabupaten Buton, Drs. Harmin, M.Eng, Camat Lasalimu Selatan, Jusmina Lanjaa, SH, serta para Kepala Sekolah (Kepsek) di Lingkup Kabupaten Buton.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, Drs.Harmin, M.Eng, bantuan seragam sekolah telah menjadi agenda rutin tiap tahun.

“Tahun ini ada peningkatan dengan diberikan seragam gratis untuk PAUD. Tahun sebelumnya hanya diberikan pada siswa di jenjang SD dan SMP,” katanya.

Harmin merinci, khusus untuk seragam batik sebanyak 7.222 pasang dengan rincian TK/PAUD sebanyak 2.593 pasang, SD 2.312 pasang, dan SMP 2.317 pasang.

“Dan untuk seragam putih merah (SD) dan seragam putih biru (SMP), jumlahnya sama. Jadi jumlah total antara baju batik dan seragam SD dan SMP  berjumlah  14.444 pasang. Ditambah atribut yang lain seperti topi, dasi, kaos kaki jumlahnya juga sama dengan baju seragam,” kata Harmin.

Ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut, bisa sedikit membantu beban orang tua siswa, terlebih dimasa pandemi Covid-19 dewasa ini.

“Kami sadari di era pandemi Covid-19, sangat mempengaruhi ekonomi orang tua siswa. Sehingga dengan bantuan seperti ini bisa membantu ekonomi orang tua siswa,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Buton, La Bakry mengatakan bahwa, sepanjang ia masih menjabat sebagai Bupati, maka program pemberian bantuan seragam sekolah gratis akan terus dilakukan.

“Selagi saya menjadi Bupati program ini tidak akan pernah diberhentikan. Karena ini kelanjutan janji yang pernah digelontorkan pasangan Umar Bakry. Saya melanjutkan sebab ini adalah janji politik Umar dan Bakry yang lalu,” tegasnya.

Meski begitu, tambah orang nomor satu di Kabupaten Buton ini mengatakan bahwa, pembagian seragam sekolah gratis tersebut tidak menjadikan satu satunya menyelesaikan masalah Pendidikan.

“Tetapi setidaknya bisa meringankan beban orang tua siswa,” pungkasnya.

(al) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *