Dekranasda Buton Kunjungi Pengrajin di Wabula dan Wolowa

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pengurus Dekranasda Kabupaten Buton yang dikomandoi Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, SH melakukan lawatan kunjungan ke pengrajin di Kecamatan Wabula dan Kecamatan Wolowa.

Kunjungan di dua kecamatan itu merupakan kunjungan perdana Dekranasda Kabupaten Buton usai dilantik tanggal 27 Januari 2023 oleh Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si.

Kunjungan dimulai dengan bertatap muka langsung dengan para pengrajin tikar anyaman Daun Pandan di Desa Wasampela, Kecamatan Wabula. Kemudian bergerak ke Desa Wabula, untuk mengunjungi tempat penenun kain Tenunan Buton.

Ketua Dekranasda bersama rombongan juga singgah ke Sentra Industri Hasil Olahan Ikan, di Desa Koholimombono Kecamatan Wabula. Dalam kunjungan tersebut Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, S.H tampak berbincang dan mendengar aspirasi para pengrajin secara langsung.

Dalam keterangannya di sela-sela peninjauan, Ketua Dekranasda Kabupaten Buton, menyampaikan kedatangan rombongan Dekranasda di Wabula untuk mengetahui kebutuhan para pengrajin, agar dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraannya.

“Kunjungan ini untuk melihat para pengrajin, supaya kita bisa tahu apa yang mereka butuhkan, agar bisa difasilitasi kedepannya untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan mereka,” katanya.

Setelah mengunjungi Kecamatan Wabula, dilanjutkan ke Kecamatan Wolowa, Desa Kaumbu. Di tempat ini Ketua Dekranasda Kabupaten Buton menyaksikan proses pembuatan kerajinan anyaman Nentu dan dilanjutkan ke Desa Wolowa Baru lokasi kerajinan anyaman bambu dan rotan. Di dua desa tersebut tampak juga Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, S.H berdiskusi dan mendengar aspirasi para pengrajin.

Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran, S.H. menyebut terdapat beberapa keluhan yang sudah dicatat dan mayoritas terkait pemodalan, pemasaran, dan hak paten atau HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) agar hasil karya pengrajin tidak diklaim oleh pihak lain.

“Mayoritas keluhan dari pengrajin adalah dana dan promosinya, dengan masalah hak paten juga, yang sudah kami koordinasikan dengan Dirjen HAKI Kemenkumham dan akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Diakhir keterangannya, Ia menyampaikan kunjungan ini akan segera ditindaklanjuti. Salah satunya pemanfaatan kerajinan daerah di instansi pemerintah dengan bertemu instansi terkait dan melaporkan ke Pj Bupati Buton.

“Setelah kegiatan ini akan kami buat laporan lalu bertemu dengan OPD terkait dan akan dikoordinasikan kepada Pj Bupati untuk menindaklanjuti hasil kunjungan ini. Salah satunya pemanfaatan kerajinan daerah untuk digunakan di instansi pemerintah,” tutupnya.

Turut mendampingi Sekretaris Dekranasda Buton, Usman, S.IP., M.Si., Wakil Sekretaris Wa Ode Hardiana Astri, S.IP., Bendahara Dekranasda, Rosda, S.Pi., dan Anggota Bidang Wirausaha Baru, Wa Ode Nani Muliani, S.E.

Kunjungan kerja Dekranasda ini dijadwalkan akan berlanjut di Kecamatan lainnya di Kabupaten Buton (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *