Buka Mall Pelayanan Publik, Pj Bupati Buton Teken MoU dengan Lembaga Vertikal dan Instansi Terkait

TERAWANGNEWS.com, Buton – Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si membuat gebrakan baru dengan membuka Mall Pelayanan Publik yang dipusatkan di Takawa, Kompleks Pusat Perkantoran Pemkab Buton. Lembaga Vertikal maupun OPD Pelayanan bakal berkantor satu atap di MPP tersbeut.

“Dengan adanya MPP ini, masyarakat yang akan mengurus segala keperluan yang berhubungan dengan pelayanan akan menjadi lebih mudah, cepat, praktis dan efisien dalam mengurus segala keperluan terkait administrasi dan hal lainnya. Jadi, nanti tidak perlu pindah-pindah gedung. Di sini semua pelayanan tersedia,” kata Pj Bupati Buton, usai menantangani MoU Kesepahaman dengan instansi terkait yang akan melakukan pelayanan terpadu di MPP, Jum’at (17/2/2023).

Penandatangan MoU dilakukan di Aula Kantor Bupati Buton. Pj. Bupati Buton didampingi langsung Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, S.Pd, M.Si.

Lebih lanjut Pj Bupati Buton mengatakan semua instansi terkait akan melaukan pelayanan terpusat di MPP. Masyarakat bisa mengurus kerpeluan seperti pajak, SIM, sertifikat tanah, SKCK, KTP dan lainnya. Singkatnya MPP ini membuat pelayanan menjadi lebih praktis.

“Membuka Mall Pelayanan Publik adalah bukan hal yang mudah. Namun sebagai Penjabat Bupati tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semua pelayanan akan terintegrasi untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan pelayanan dengan meningkatkan daya saing dan memberikan kemudahan pelayanan mulai dari pelayanan dasar sampai dengan pelayanan yang lainnya,” ujarnya.

“Posisi Kabupaten Buton sekarang itu hampir seluruh instansi vertikal ada di Kota Baubau dan untuk menyatukan harus ada Mall pelayanan Publik,” sambungnya.

Selain perintah Presiden kepada Kepala Daerah, selaku Pj Bupati Buton ia menginginkan figur para pejabat sebagai pelayan masyarakat, mampu menerima nilai terbaik untuk masyarakat dan membanggakan bangsa dan negara.

“Hari ini merupakan sebuah momentum. Sebuah sejarah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berkomitmen yang sama untuk pelayanan public, meskipun kondisinya masih sangat butuh pembenahan,” jelas Pj Bupati Buton.

Pj Bupati berharap, kedepan sejumlah fasilitas di MPP ini terus dibenahi sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang mengakses fasilitas di MPP.

Terakhir orang nomor satu di Buton ini mengharapkan dengan adanya Mall Pelayanan Publik kiranya Kepada Kadis DPMP PTSP melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Pusat.

Di tempat yang sama dalam laporannya, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP)  La Madi, S.Sos menyampaikan, Mall Pelayanan yang digagas Pj Bupati Buton merupakan upaya percepatan penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat.

Katanya, MPP untuk menghimpun sarana dan masukan dari berbagai elemen masyarakat terkait dengan rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Buton.

“Alhamdulillah, kami telah merampukan dan melaksanakannya tepat hari ini,” ungkap Kadis DPMPPTSP itu.

Instansi vertikal dan Lembaga yang terkait yaitu dari pihak Kepolisian, Kejaksaan, BPJS, Pertanahan, Imigrasi, Samsat dan OPD Lingkup pemkab Buton antara lain, Dinas Dukcapil, Diskoperasi dan UKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR.

Setiap Lembaga Vertikal dan OPD terkait akan menempatkan admin untuk membuka pelayanan di MPP.

“MPP berkantor di Gedung D lantai 1. Name tag masing-masing ruangan telah rampung dan tentunya akan dilakukan pembenahan agar bisa nyaman untuk masyarakat yang akan menggunakan fasilitas ini. Dan harapan kita MPP bisa mendapatkan gedung khusus di Kabupaten Buton,” tutup Kadis  DPMPTSP.

Usai menandatangani MoU, Pj Bupati Buton bersama instansi terkait meninjau langsung Mal Pelayanan Publik serta ruangan pelayanan yang akan digunakan Lembaga terkait untuk untuk membuka pelayanan pada masyarakat (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *